Bunga Bangkai Raksasa Ditemukan di Sulit Air Kabupaten Solok



SOLOK, CAKRAWALASUMBAR,- Satu Batang bunga bangkai raksasa ditemukan warga di lahan kosong milik masyarakat di Kampung Anau Jorong Rawang Kenagarian Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. 

Bunga bangkai langka dengan nama Ilmiah Amorphophallus Titanum ini ditemukan oleh seorang Warga bernama Ilham siddik,  yang ketika itu sedang berburu babi pada Minggu (30/7/2023).

Dengan informasi warga tersebut, hari Selasa siang (1/8/2023)  Kanit Ik Polsek X Koto Diatas Aipda Fery Y didampingi Bhabinkamtibmas Nagari Sulit Air Aiptu Rifizal dan sejumlah perangkat kecamatan Sulit Air langsung meninjau tumbuhnya Bunga Bangkai tersebut.

"Di lokasi ditemukan, benar adanya tumbuhan yang di duga bunga bangkai dengan nama Ilmiah Amorphophallus titanum", ungkap Aipda Fery Y. 

Untuk mengamankan tumbuhan bunga bangkai ini dari serangan binatang ataupun warga yang tidak bertanggungjawab maka di buatkan pagar dari kayu. 

Dari keterangan Wikipedia, bunga bangkai atau Kibut atau Suweg raksasa dengan nama latin Amorphophalluss Titanum adalah tumbuhan talas-talasan kademik dari Sumatera yang dikenal dengan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar didunia.

Bunga ini bisa mencapai tinggi 5 meteran  dan disebut dengan bunga bangkai karena baunya sepertu bangkai yang membusuk. 

 Hal tersebut bertujuan mengundang kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.



Posting Komentar

0 Komentar