Banjir dan Longsor berbagai Wilayah di Kota Padang Akibat Hujan Lebat



PADANG, CAKRAWALA.CO, -Hujan lebat kembali guyur kota Padang tak henti-hentinya selama 6 jam lebih dari Rabu Sore hingga malam (16/11/2022). Akibatnya sejumlah kawasan kembali tergenang banjir. 


Debit air sungai di beberapa kawasan juga meningkat hingga nyaris meluap ke pinggir sungai. Seperti yang terjadi di sungai kawasan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, Sumatera Barat.


Di beberapa kawasan pemukiman penduduk  juga terendam banjir seperti Lubuk Buaya, Anduring, Pisang, Mata Air. Ketinggian air hingga lutut orang dewasa. 


Tidak hanya banjir, dibeberapa kawan juga terjadi pohon tumbang akibat angin kencang. 


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril dikutip dari Haluan.com mengatakan, Hujan lebat disertai angin kencang telah memicu terjadinya banjir, pohon tumbang serta longsoran di sejumlah ruas jalan di Kota Padang.


"Akibat cuaca ekstrim, 12 pohon tumbang di sejumlah kawasan yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kota Padang," ujarnya.



Selain pohon Tumbang, Basril menyebutkan bahwa cuaca ekstrim juga memicu terjadinya angin puting beliung yang merusak rumah warga di sejumlah lokasi.

"Angin puting beliung yang merusak rumah, juga terjadi di Lubuk Begalung, Dadok Tunggul Hitam, Koto Tangah, 3 diantaranya sudah diberikan bantuan," ucap Basril.


Untuk longsor, kata Basril juga terjadi di beberapa Kota Padang, yaitu di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Teluk Bayur Kelurahan Gates XX dan dua Di Lubuk Kilangan.


rumah, juga terjadi di Lubuk Begalung, Dadok Tunggul Hitam, Koto Tangah, 3 diantaranya sudah diberikan bantuan," ucap Basril.


Untuk longsor, kata Basril juga terjadi di beberapa Kota Padang, yaitu di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Teluk Bayur Kelurahan Gates XX dan dua Di Lubuk Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril mengatakan, Hujan lebat disertai angin kencang telah memicu terjadinya banjir, pohon tumbang serta longsoran di sejumlah ruas jalan di Kota Padang.


"Akibat cuaca ekstrim, 12 pohon tumbang di sejumlah kawasan yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kota Padang," ujarnya.



.

Posting Komentar

0 Komentar