Tim PKM Dosen Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang bekali lulusan sarjana psikologi dalam memasuki dunia kerja



Padang, Cakrawalasumbar.com,-Lulusan sarjana adalah calon pekerja yang nantinya akan memasuki dunia kerja. Begitu pula  dengan lulusan sarjana Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. 


Sebelum masuk ke dunia kerja, para calon sarjana harus memiliki kesiapan kerja untuk keberlangsungannya dalam dunia kerja. Kesiapan kerja berkaitan dengan bagaimana setiap karakteristik dari pekerjaan dinilai dan ditetapkan apakah sesuai dengan apa yang dimiliki. 


Dalam melakukan kesiapan kerja maka akan dimulai dari adanya usaha secara sadar untuk menggali lebih dalam mengenai karakteristik diri yang dimiliki. Sebagai upaya persiapan individu memilih dan merencanakan karir secara tepat, dibutuhkan pencapaian kematangan karir yang terdiri atas pengetahuan tentang diri, pengetahuan tentang pekerjaan, serta kemampuan untuk merancang rencana dan langkah menuju karir yang diharapkan. Survey menjelaskan menjelaskan bahwa 91% kalangan dunia usaha memiliki anggapan bahwa lulusan perguruan tinggi belum siap untuk bekerja setelah lulus dari perkuliahan.


Disamping itu survey lain menjelaskan masih banyaknya persentase penggangguran yang terjadi terutama di kalangan sarjana. Adanya tidakmatangan karir dan masih tingginya angka pengangguran terutama pada lulusan perguruan tinggi ini menandakan masih dibutuhkannya strategi khusus untuk mengurangi jumlah angka tersebut. 


Bentuk program pengabdian masyarakat ini berupa sosialisasi dalam penyampaian materi. Program sosialisasi diberikan kepada 78 orang calon sarjana Psikologi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. 


Hasil pelatihan memperlihatkan adanya pemahaman dari calon Sarjana Psikologi mengenai kesiapan sebelum memasuki dunia kerja setelah menjadi sarjana Psikologi: Pengkhususan Psikologi Kllinis, serta solusi terkait permasalahan yang muncul setelah mereka menjadi Sarjana Psikologi. Selain itu juga dibutuhkan program yang berkelanjutan agar tahapan materi yang diberikan bisa terlaksana secara maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar