Kilas Balik H Maigus Nasir, S.Pd Sosok Tokoh Pemerhati Pendidikan Sumbar

Maigus Nasir , Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat



Padang , Cakrawalasumbar.com, Kilas balik H. Maigus Nasir, S.Pd sosok tokoh pemerhati pendidikan di sumatera barat ini berawal dari seorang aktivis organisasi kemasyarakatan Islam Muhammadiyah yang bergerak di bidang peningkatan sumber daya manusia hingga menjadi anggota DPRD.

Lima tahun di DPRD Kota Padang, hal yang menggembirakan dan menjadi catatan yang sangat berkesan, yaitu bersama-sama dengan anggota Dewan dan pemerintah kota Padang melahirkan peraturan daerah no 6 tahun 2003, tentang wajibnya tulis baca Al-Qur'an bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Semenjak lahirnya Perda tersebut, ini menjadi kekuatan untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai agama sekaligus melahirkan anak-anak yang berkarakter di kota Padang, tutur anggota DPRD Provinsi Sumbar H. Maigus Nasir, S.Pd, pada awak media, (7/3/2022).

Kemudian ungkapnya, setelah 15 tahun tidak berkiprah di DPRD, 2019 di pileg ikut lagi untuk provinsi Sumbar, dan sekarang atas amanah masyarakat kota Padang khususnya saya kembali menjadi anggota DPRD provinsi sumatera barat, mudah-mudahan atas kehadiran saya di DPRD akan bisa membawa manfaat untuk kemaslahatan masyarakat Sumbar, khususnya dapil 1 kota Padang.

Terkait pendidikan, Maigus mengatakan, itu adalah program utama dalam perkembangan juga pertumbuhan bagi manusia, dalam Islam Kitab suci yang bernama Al-Qur'an, Wahyu yang pertama yaitu iq'ro, yang artinya membaca, ini adalah sebuah isyarat agar manusia itu tetap membangun potensi untuk menjadi manusia yang baik, bermanfaat dan berguna bagi masyarakat banyak.

Untuk hal tersebut tentu tidak bisa lepas dari pendidikan, karena pendidikan tidak sekedar mendapatkan potensi otak yang disebut dengan kecerdasan intelektual intelegensi, tapi pendidikan juga membangun karakter yang ditopang, yang didorong oleh pembentukan kecerdasan emosionalnya, bahkan orang pintar mengatakan, "kecerdasan itu 80 persen menentukan bahwa seseorang bisa sukses", kata yang akrab disapa Buya.

Sebagai wakil rakyat, sebagai anggota DPRD dan juga yang punya latar belakang dari guru, kata Maigus, maka tentu saya menjadikan pendidikan ini sebagai salah satu program unggulan untuk Sumatera barat, karena Sumbar tidak punya kekayaan alam yang bisa membangun negeri ini, tetapi sejarah membuktikan Sumbar punya orang-orang hebat, orang-orang pintar yang melahirkan negeri ini, yang bisa memerdekakan negeri ini, dan telah berkontribusi besar untuk mensejahterakan masyarakat dengan kecerdasan otaknya, ini mungkin yang kita semangati dengan filosofi "Membangkit Batang Tarandam". 

Terkait apa yang telah dilakukan dan apa yang telah dibuat oleh para pendahulu-pendahulu bangsa kita, tokoh tokoh kita di sumatera barat, sudah diakui, tidak hanya dikancah nasional tapi juga kancah internasional, tuturnya. (Jp)

Posting Komentar

0 Komentar