Puluhan Kader Desak Pemberhentian Ketua DPC Demokrat Kota Padang dengan Mendatangi Kantor DPD

Kader Peduli Partai mendatangi kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatra Barat (Sumbar) 


Padang, Cakrawalasumbar.com, – Puluhan orang yang tergabung dalam Kader Peduli Partai mendatangi kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatra Barat (Sumbar) untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan, Kamis (10/2/2022). Kedatangan mereka diterima langsung oleh Direktur Eksecutive DPD Demokrat Sumbar, Surya Dharma, dan beberapa pengurus lainnya.

Seorang anggota perwakilan kader, Yuhendri, saat berdialog dengan jajaran DPD Demokrat Sumbar di ruangan pertemuan kantor tersebut mengatakan, kedatangan mereka didasari oleh kegelisahan para kader atas kasus yang menimpa Ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang.

“Kedatangan kami setelah mencermati beberapa hal yang berkembang dan menjadi pembicaraan di tengah-tengah masyarakat tentang Ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang, saudara Ilham Maulana, diantaranya proses hukum dugaan korupsi dana pokir saudara Ilham Maulana selaku Wakil Ketua DPRD Kota Padang yang masih berlarut-larut,” kata Yuhendri saat membuka dialog penyampaikan tuntutan di hadapan pengurus DPD Demokrat Sumbar.

Menurut dia, kasus tersebut telah mencoreng kredibilitas partai di mata masyarakat sehingga berpotensi menggerus suara partai Demokrat pada Pemilu 2024.

Ia melanjutkan, hal lainnya yang menjadi sorotan adalah polemik pengadaan bantuan sapi yang diduga juga melibatkan Ilham Maulana dan berpotensi masuk ke dalam ranah hukum.

“Kemudian permasalahan pribadi  tidak etis lainnya yang dilakukan yang bersangkutan dan menjadi pergunjingan masyarakat,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga mempertanyakan kurangnya gaung aktifitas kepartaian di tengah-tengah masyarakat Kota Padang selama kepemimpinan Ilham Maulana.

Atas kondisi tersebut, lanjutnya, Kader Demokrat Kota Padang Peduli Partai berinisiatif  menyatakan sikap dan menyampaikan tuntutan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) melalui DPD Demokrat Sumbar.

“Menuntut evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan organisasi kepartaian di Kota Padang untuk menghadapi Pemilu 2024. Kemudian, menuntut pemberhentian saudara Ilham Maulana sebagai Ketua DPC Demokrat Kota Padang dan menggantinya dengan sosok yang bersih, peduli dan mampu melakukan konsolidasi serta menjaga soliditas partai menghadapi Pemilu 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksecutive DPD Demokrat Sumbar, Surya Dharma yang menanggapi pernyataan dan tuntutan tersebut mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran para kader. Menurut Surya, kehadiran kader di kantor DPD merupakan bukti kepedulian dan perhatian terhadap partai Demokrat.

Ia menjelaskan, surat pernyataan sikap dan tuntutan yang diterima hari itu akan dipelajari dan diproses oleh jajaran pengurus DPD Demokrat Sumbar dan segera disampaikan di DPP.

“Surat ini kami terima dan diproses. Segera kami sampaikan ke DPP,” kata Surya.

Menurut dia, pemberhentian maupun pengangkatan Ketua DPC merupakan wewenang DPP Demokrat.

Diketahui, saat ini Ilham Maulana yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang tengah menghadapi proses hukum atas dugaan korupsi dana pokok pikiran (pokir) berupa bansos Covid-19. Kasus tersebut telah bergulir sejak dilaporkan oleh masyarakat pada April 2021 dan saat ini masih dalam penyidikan Polresta Padang. (hm/sk)

Posting Komentar

0 Komentar