Tim PKM Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang Lalukan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini

Sosialisisai Pendidikan Seks untuk anak Usia dini pada orang tua dan masyarakat


Padang, Cakrawalasumbar.com, -Mencegah penyimpangan seks pada anak usia dini diperlukan pengawasan yang ketat dari Orang tua.  Tim PKM Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang lalukan sosialisasi pendidikan seks sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak.

Guna mencegah terjadinya penyimpangan seks pada anak usia dini, maka Tim PKM Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang, lakukan Sosialisasi ilmu dan pengetahuan seks untuk Anak kepada masyarakat, khusus nya pada orang tua di RT 02 RW 03 Lubuk Begalung Kota Padang.

Hal ini dilakukan guna memberikan pemahaman dan pembelajaran untuk mencegah penyimpangan seks pada anak. Sosialisasi pendidikan seks sebagai upaya pencegahan kekerasan seks pada anak ini sangat berguna dan perlu pengawasan yang ketat dari orang tua.

Pada saat ini tingkat kekerasan seks yang terjadi  pada anak sangat  tinggi di tambah lagi kemajuan zaman dan teknologi yang sangat pesat, serta pengaruh hp pada anak sangat  besar dalam perkembangan sikap dan mental anak.

Hal ini membuat orang tua harus ekstra ketat dalam mengawasi anak-anak nya, agar tidak terpengaruh hal-hal yang negatif dari informasi dan media sosial pada hp tersebut.

Pemateri dari Sosialisi  tentang pendidikan Anak dari  Fakultas Psikologi UPI  YPTK,  Frihapma semita ade,M.Psi, menyebutkan pengetahuan seks sangat penting untuk diberitahukan kepada anak sejak dini. Ada beberapa alasan mengapa pendidikan seks penting untuk anak laki-laki, antara lain adalah untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka, mencegah anak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar, agar anak tidak terkejut saat memasuki usia pubertas, menyadarkan anak tentang menjaga organ reproduksi, dan mencegah kehamilan usia dini.

"Belakangan ini kasus pelecehan ataupun kekerasan seksual semakin meningkat di pemberitaan media massa. Jumlah kasus yang terjadi pun sekarang ibarat fenomena gunung es. Kebanyakan para korban lebih memilih untuk diam. Kasus pelecehan ataupun kekerasan seksual tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga banyak terhadap anak-anak." Ungkap Frihapma.

Di indonesia, pengetahuan seks masih dianggap sebagai satu hal yang tabu untuk diberikan kepada anak-anak dan remaja. Orangtua dan orang dewasa merasa risih saat anak-anak dan remaja menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan seks, sehingga memilih untuk mengalihkan pembicaraan.

Pengetahuan seks penting diajarkan sejak dini pada anak. Baik anak laki-laki maupun perempuan harus mendapatkan itu, terutama dimulai dari keluarga agar bisa saling terbuka terhadap anak .agar anak bisa memahami terhadap bahaya peyimpangan sek/


Posting Komentar

0 Komentar