Presiden Kena Covid Meski Sudah Vaksin Lengkap

Presiden Africa Selatan Cyril Ramaphosa (Lintao Zhang/Pool via REUTERS)


Cakrawalasumbar.com, —Presiden Afrika Selatan (Afsel) Cyril Ramaphosa pada hari Minggu, (12/12/2021) dinyatakan positif Covid-19. Hal ini langsung dikonfrimasi oleh pihak kepresidenan Pretoria.


Mengutip France24, Ramaphosa saat ini dilaporkan sedang dalam pemantauan serius oleh tim dokter. Meski begitu, gejala yang dialami presiden 69 tahun itu dilaporkan tidak begitu parah.

“Ramaphosa, yang telah divaksinasi penuh, mulai merasa tidak sehat setelah meninggalkan upacara peringatan kenegaraan untuk mantan wakil presiden FW de Klerk di Cape Town pada hari sebelumnya. Meski begitu, ia dalam kondisi yang baik dan dipantau oleh dokter,” ujar keterangan resmi Kantor Kepresidenan Afsel.

Nantinya, Ramaphosa akan tetap melakukan isolasi di Cape Town untuk sementara waktu. Selama periode pemulihannya, tugas-tugas dan tanggung jawab kenegaraan akan diserahkan kepada Wakil Presiden David Mabuza.

Sebelum melakukan kunjungan di Cape Town, Ramaphosa pada pekan lalu juga dilaporkan mengunjungi Senegal. Ia pulang pada tanggal 8 Desember dan dites Covid-19 dengan hasil negatif.

“Presiden dan delegasi kembali ke Afsel dari Republik Senegal pada Rabu, 8 Desember 2021, setelah mendapatkan hasil tes negatif,” tambah pernyataan itu

Infeksi yang dialami Ramaphosa sendiri terjadi pada saat negaranya mengalami kemunculan varian baru Covid-19 yang bernama Omicron. Varian itu sedang menjadi kekhawatiran baru lantaran memuat 32 mutasi pada protein lonjakannya. Jumlah mutasi yang banyak ini memungkinkan virus itu untuk bertahan dari sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, Afrika Selatan hingga saat ini telah mencatatkan lebih dari 3,17 juta kasus infeksi Covid-19 sejak virus ini masuk. Dari jumlah itu, ada lebih dari 90 ribu kasus berakhir dengan kematian. (*)

Posting Komentar

0 Komentar