Viral Warga Kejar dan Bantai Rusa, Diduga di Sumbar

Tangkapan layar akun warga bantai rusa di duga di Pesisir Selatan


Padang, Cakrawalasumbar.com — Viral di media sosial sejumlah warga membantai rusa diduga berlokasi di Sumatera Barat (Sumbar).

Disimak sumbarkita.id di akun instagram @christian.joshuapale, sekelompok warga berbahasa Minang terlihat mengejar dan menganiaya. Rusa tersebut sudah terdesak dan lari ke sungai, namun masih dikejar oleh warga menggunakan perahu yang kemudian memukulnya dengan menggunakan parang.

Terdengar juga suara rusa kesakitan saat dipukul warga dengan parang.

“Tindakan barbar ini sangat jelas melanggar hukum dan pantas untuk ditindak,” sebut akun tersebut.

Terkait video viral tersebut, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono menduga penganiayaan rusa itu diperkirakan terjadi di Sungai Gemuruh, Nagari Indrapura Selatan, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan.

Ia menduga peristiwa itu terjadi pada Minggu (12/9/2021) saat masyarakat sedang berburu babi.

Ardi mengatakan, pihaknya melalui Resort Konservasi Wilayah Pesisir Selatan menindaklanjuti dengan berkoordinasi ke Polres Pesisir Selatan dan Polsek Pancung Soal.

“Hasil koordinasi dengan Kanitreskrim Polsek Pancung Soal, pelaku dalam video tersebut masih dalam penyelidikan,” kata Ardi, Selasa (14/9/2021).

Ia menyebut, peristiwa itu melanggar pasal 21 huruf a UU nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan ekosistemnya dengan hukuman pidana paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 100 juta rupiah.

Pihaknya pun akan melakukan penyuluhan dan sosialisasi bidang kehutanan teruutama tentang konservasi terhadap masyarakat setempat. (bu/sk)

Posting Komentar

0 Komentar