Hujan Lebat, Sejumlah Titik Kota Padang Dilanda Banjir dan Longsor

Foto : Banjir abdul muis (indra mairoli)


Padang, Cakrawalsumbar.com, -: Sejumlah titik di Kota Padang, Sumatra Barat, Rabu, 29 September 2021, dilanda banjir usai hujan lebat yang mengguyur sejak siang. Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di kawasan Lubuak Paraku dan Sitinjau Lauik.

Banjir di Kota Padang terjadi di Kompleks Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Di samping itu di kawasan Koto Tangah, air juga menggenangi ruas jalan utama.

Di Kompleks Jondul, genangan air banjir sudah memenuhi jalanan. Namun ditengah banjir yang melanda itu, anak-anak asyik berenang dan bermain.

"Ini seperti kolam wisata saja. Anak-anak bermain dengan penuh bahagia," kata warga setempat, Ajo.

Dikatakannya, suasana kolam wisata dadakan ini akan terus berlangsung saat siang hari. "Kalau siang atau pagi banjir mengenangi pasti anak-anak ramai, bahkan jika dihitung hampir puluhan anak-anak berkumpul," kata dia.

Sementara itu, warga lain, Ema, mengaakan, perlu perhatian pemerintah untuk kompleks

jondul rawang ini, karena jika hujan lebat air langsung naik ke jalanan.

"Itu baru di jalan yang lebih kurang semeter, tapi jika hujan tak berhenti bisa masuk ke rumah warga. Kita mesti berjibaku menggangkat perabotan," tuturnya.

Ia berharap sekali perhatian pemerintah terutama perbaikan drainase menyeluruh, meskipun sebelumnya sudah ada perbaikan namun masih belum menjadi solusi jangka pendek.

Hujan deras yang mengguyur Kota Padang juga mengakibatkan longsoran tanah di kawasan Lubuk Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Unggahan netizen, longsoran berupa tanah dan pepohonan itu menutup akses jalan penghubung Padang-Solok.

Sejumlah kendaraan yang melewati lokasi tersebut pun tampak menepi, akibatnya antrean panjang pun tak terelakkan.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, tim telah diterjunkan ke lokasi.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 8 kabupaten dan kota di Sumatra Barat (Sumbar) berpotensi banjir bandang akibat dampak hujan lebat Selasa ini. Hingga berita ini diturunkan, hujan lebat masih mengguyur Kota Padang. 

Posting Komentar

0 Komentar