Seekor Buaya Muara Sepanjang 2 Meter Berhasil Ditangkap Warga

Buaya Sepanajng 2 Meter ditangkap warga


Kalteng, Cakrawalasumbar.com,  – Warga dan Petugas BKSDA SKW II Pangkalan Bun berhasil menangkap seekor buaya muara sepanjang 2 meter dari sebuah danau di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan. Penangkapan buaya ini tak jauh dari permukiman warga.

Sebelum penangkapan, petugas mendapat laporan warga jika di belakang perumahan warga terdapat seekor buaya yang sering lalu lalang di sekitar danau tenang bekas cerukan yang luasnya sekitar setengah hektar. Dugaan adanya buaya juga diperkuat dengan tangkapan layar dari kamera hp warga.

"Pada awal mulanya kita mendapat laporan dari masyarakat bahwa di belakang perumahan beringin rindang ada seekor buaya yang berhasil terekam oleh kamera hp warga," ungkap Muda Yulivan, salah satu Staf BKSDA.

Mendapat laporan warga, petugas langsung menindaklanjuti  dengan melakukan berbagai upaya.  Selama sepekan terakhir, pihak BKSDA memasang perangkap di sekitar lokasi danau, lokasi dimana buaya sempat terlihat.

"Kemudian kita laporkan ke pimpinan, pimpinan memerintahkan mengecek ke lokasi. Setelah kita cek lokasi, kita pasang beberapa jerat untuk menjerat buaya tersebut. Kita pasang sejak hari senin, baru pagi tadi kita dapat laporan bahwa buaya sudah masuk perangkap," ujar Muda Yulivan.

Sebanyak tujuh orang petugas dikerahkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap buaya betina berbobot 60 kilogram tersebut.

"jerat itu kan pakai pelampung, tadi posisi buaya ada di tengah danau. Jadi pelampungnya kita tarik, buayanya kita amankan ke darat, baru kita kita ikat dan lakban mulutnya," terang Muda Yulivan.

Rencananya buaya ini akan dievakuasi ke habitat aslinya yang jauh dari permukiman warga. Besok pagi akan kita lepas liarkan di kawasan suaka Margasatwa Lamandau. Evakuasi buaya juga dibantu oleh petugas animal rescue Damkar Kotawaringin Barat. (Jamberi/mii/ca)

Posting Komentar

0 Komentar