Besok BRI Liga 1 Resmi Bergulir, Ini 5 Kandidat Terkuat Juaranya



Jakarta, Cakrawalasumbar.com, – Jika tak ada kejadian yang luar biasa, besok (Jumat, 27/8), BRI Liga 1 2021-2022 akan resmi bergulir. Ini tentu kabar gembira bagi para stakeholder persepakbolaan tanah air dan tentunya juga para fans setelah mengalami beberapa kali penundaan.



 
Kompetisi akab menggunakan sistem gelembung yang dibagi tiga seri. Seri pertama dilangsungkan di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten. Seri kedua di Jawa Tengah dan Yogyakarta, sementara seri ketiga digelar di Jawa Timur. Laga pertama akan dimainkan tim kuat Bali United vs Persik Kediri di Stadion Bun Karno, Jakarta.


Selain Bali United, ada sejumlah tim yang menjadi kandidat terkuat juara Liga 1. Berikut daftarnya menyadur dari Sportstar.id:


5. Borneo FC



Borneo FC yang memiliki skuad cukup mumpuni. Terutama di lini serang dengan melihat adanya Wawan Febrianto dan Terens Puhiri, sayap cepat yang memiliki teknik di atas rata-rata.

Jangan lupakan juga keberhasilan Borneo FC mendapatkan Boaz Solossa, striker lokal yang punya pengalaman panjang jadi juara Liga Indonesia. Selain Boaz, Borneo juga punya 2 striker seperti Amer Bekic dan Francisco Torres.

Sepanjang main di Liga 1, Torres terbukti mampu cetak 14 gol dalam 30 laga untuk 3 klub berbeda. Satu faktor terkuat Borneo FC bisa jadi juara Liga 1 ada pada pelatihnya, Mario Gomez, sosok berpengalaman pernah juara Piala AFC bersama Johor Darul Ta’zim.

4. Bhayangkara FC



Jika ingin melihat miniatur Timnas Indonesia di Liga 1, maka coba tengok skuad Bhayangkara FC. Setidaknya, Awan Setho, Hansamu Yama, Putu Gede, Evan Dimas, Andik Vermansah adalah para pemain bintang yang pernah bela Timnas Indonesia.

Skuad mewah Bhayangkara FC pun semakin lengkap berkat kehadiran Ezechiel Ndouasel. Mantan predator Persib Bandung ini sangat berbahaya ketika mendapat suplai yang matang dari lini tengah.

Ndouasel pun seharusnya tak perlu takut kekurangan pasokan bola, di belakangnya ada Evan Dimas, Andik Vermansah hingga Renan Silva. Dengan skuad mewah seperti itu, Bhayangkara FC diprediksi banyak pengamat setidaknya harus bisa masuk 5 besar Liga 1.


3. Bali United


Dikarenakan Liga 1 musim lalu harus dihentikan akibat pandemi Covid-19, status juara bertahan tetap dipegang oleh Bali United. Sebagai juara bertahan, Bali United dianggap memiliki kans besar untuk pertahankan gelarnya.

Pasalnya, komposisi timnya tidak jauh berbeda dengan skuad saat juara 2 musim lalu. Bali United memang telah kehilangan Paulo Sergio, tapi bursa transfer belum ditutup dan proses mencari playmaker baru masih terus berlanjut.
 
Bali United juga masih dilatih Stefano Cugurra, pelatih Brasil pemegang gelar Liga 1 dua edisi terakhir. Hanya saja ada satu fakta yang cukup mengganggu, tidak pernah ada tim bisa juara 2 edisi beruntun sejak Era Liga 1 2017 lalu, Bali United sanggup patahkan?


2. Persib Bandung



Sebenarnya saat Liga 1 musim lalu dihentikan, Persib Bandung sedang dalam performa terbaiknya dengan selalu menang di 3 laga awal. Kini di Liga 1 2021-2022, Persib pun ingin meneruskan hasil bagus di musim lalu.

Usaha untuk meneruskan tren positif pun sepertinya bisa terealisasi karena Persib punya skuad sangat dalam. Untuk posisi kiper saja, Persib sudah punya 3 sosok dengan kualitas mumpuni seperti I Made Wirawan, Muhammad Natshir hingga Teja Paku Alam.

Di bursa transfer ini, Persib pun melakukan pembelian cerdas berupa Marc Klok, pemain terbaik Piala Menpora. Semua materi bintang itu diramu oleh Robert Alberts, pelatih sarat pengalaman pernah juara Liga Indonesia bersama Arema FC.


1. Persija Jakarta


Sebagai juara Piala Menpora, Persija Jakarta jelas tak boleh dihilangkan dari daftar calon kuat Juara Liga 1 2021-2022. Memang Marc Klok, Sandi Sute dan Heri Susanto telah hengkang, tapi Persija masih punya 2 pemain terpenting untuk cetak gol.

Yaitu duet maut Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Jangan lupakan juga Persija masih diperkuat Andritany Ardhiyasa, Otavio Dutra, Osvaldo Haay, Rohit Chand hingga mantan bintang Juventus, Marco Motta.

Masalah bagi Persija hanyalah kedalaman skuad. Susunan pemain utama memang sangat mengerikan, tapi lapis kedua dengan barisan pemain muda, rasanya bisa saja jadi batu ganjalan tim untuk juara. Namun, racikan pelatih asal Italia, Angleo Alessio sangat layak dinantikan.

 
Tentu selain lima tim di atas, kita tak boleh meremehkan potensi dari Persebaya Surabaya, Arema FC, Persipura Jayapura hingga Madura United. Peta persaingan juara yang sangat cair menambah keseruan kompetisi, itulah alasan mengapa kita wajib nonton Liga 1 musim ini.(*/fzy/ca)

Posting Komentar

0 Komentar