5 Penyakit Penyerta Penyebab Kematian Pasien Covid-19 di Sumbar 

Ilustrasi warga diserang virus covid-19


Padang, Cakrawalasumbar.com, – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengadakan rapat koordinasi penangan Covid-19. Kali ini pemprov mengikutsertakan ahli epidemiologi Universitas Andalas (Unand), Defriman Djafri. 

“Angka kematian pasien covid-19 paling tinggi itu adalah usia rentang 60-69 tahun. Risiko kematian menjadi tinggi apabila pasien menderita gejala lebih banyak dan memiliki penyakit bawaan atau komorbid,” ungkapnya, Selasa (10/8/2021). 

Lebih lanjut Defriman menjelaskan bahwa risiko kematian pasien yang tidak divaksin dan baru mendapatkan vaksin pertama juga lebih tinggi dibandingkan yang telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin.

Dalam kesempatan itu Defriman merekomendasikan peningkatan kapasitas rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19. 

“Audit kematian perlu dilakukan kedepan, agar data awal ini bisa dijadikan dasar (clue) menentukan penyebab apakah secara langsung atau tidak langsung kematian Covid-19 di Provinsi Sumatra Barat,” jelasnya. 

Defriman juga mengungkapkan lima penyakit penyerta atau komorbid yang memiliki risiko tinggi terhadap kematian pasien Covid-19 di Sumbar. Lima penyakit tersebut adalah ARDS, Pneumonia, kanker, PPOK dan diabetes.

“ARDS, Pneumonia, kanker, PPOK dan diabetes merupakan lima peringkat komorbid yang berisiko tertinggi kematian Covid-19 di Sumatra Barat,” ungkapnya.

Dia menyebutkan kajian ini merupakan data evidence based ilmiah menggambarkan karakteristik epidemiologi & faktor risiko kematian Covid-19 di Sumbar.

Tak hanya itu, Epidiemolog Unand itu juga menyebutkan bahwa pasien meninggal di Sumbar didominasi oleh pasien laki-laki.  Pasien laki-laki yang sembuh juga lebih sedikit dibandingkan pasien perempuan.

Terakhir Defriman merekomendasikan agar diupayakan ada kategori penilaian indeks penerapan prokes, sehingga bisa dipantau secara berkala dan dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan.

Sumber: covesia.com

Posting Komentar

0 Komentar